cara merawat kaktus di rumah

Merawat Kaktus di Rumah? Ada 3 Tips untuk Anda!

Kaktus merupakan tanaman hias yang banyak diminati orang karena keunikannya dalam warna dan bentuk. Habitat asli tanaman ini adalah di gurun pasir, yang merupakan tempat dengan panas yang ekstrim. Untuk bertahan hidup, kaktus menyimpan air didalam batangnya, dan daunnya berupa duri-duri kecil untuk mengurangi intensitas penguapan. Selain itu, kaktus merupakan tanaman yang sangat mudah dalam hal perawatan. Penasaran cara untuk merawat kaktus di rumah? Simak dibawah ini!

3 Tips Merawat Kaktus di Rumah

  • Letakkan di tempat yang terdapat sinar matahari cukup

Sesuai yang saya tuliskan diatas, kaktus merupakan tanaman yang hidup di gurun pasir. Maka dari itu letakkan tanaman kaktus pada tempat yang terpapar sinar matahari dengan intensitas yang cukup. Seperti dekat jendela, teras rumah, tempat jemuran, taman kering, atau tempat lainnya yang terdapat sinar matahari yang cukup. Hindari meletakkan tanaman kaktus pada area yang gelap karena akan membuat kaktus tersebut membusuk yang kemudian mengakibatkan kaktus mati.

  • Jangan menyiram terlalu sering

Salah satu kesalahan yang paling umum dilakukan bagi para orang yang awam tentang kaktus adalah menyiramnya setiap hari! Kaktus merupakan tanaman yang berbeda dengan tanaman-tanaman lain yang memerlukan banyak air untuk hidup. Batang kaktus sudah banyak mengandung air yang dibutuhkan oleh kaktus itu sendiri. Sangat disarankan untuk tidak menyiram kaktus melebihi dua kali seminggu, agar kaktus tidak membusuk karena terlalu banyak air pada media tanam. Selain itu, perhatikan juga media dan lokasi dalam meletakkan kaktus tersebut. Jika diletakkan di dalam ruang dengan intensitas cahaya yang tidak terlalu tinggi, bisa dilakukan penyiraman sekitar seminggu sekali.

 

  • Batu hias untuk mempercantik tampilan kaktus
merawat kaktus di rumah
Kaktus Mickey Mouse dengan batu hias

Agar kaktus Anda semakin cantik untuk dilihat, tambahkan batu hias untuk menutupi tanah media tanam kaktus. Beri batu hias yang sesuai dengan ruangan Anda, agar tidak terkesan norak atau menghindari kesan tidak menyatu dengan ruangan. Jangan khawatir jika Anda tidak bisa melihat media tanam kaktus untuk menghindari terlalu banyak air pada media tanam. Anda bisa mengira apakah tempat kaktus tersebut termasuk tempat yang panas atau tidak. Jika panas maka semprotlah air secukupnya dua kali seminggu, jika tidak maka seminggu sekali sudah cukup.

Itulah 3 tips merawat kaktus di rumah, cukup simpel bukan? Silakan berkreasi dengan kaktus Anda!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori